Minggu, 13 Februari 2011

IPS - bentuk-bentuk hubungan sosial .

PROSES SOSIAL ASOSIATIF.

Akomodasi adalah proses dimana orang per orang atau kelompok manusia yang mula2 bertentangan, kemudian saling menyesuaikan diri untuk mengatasi kekurangan2 .
berikut bentuk2 proses Akomodasi :

1. Arbitrasi (Arbitration)
Penyelesaian suatu perkara atau upaya untuk mengurangi ketegangan dengan melibatkan pihak ketiga yang bersifat netral . Pihak ketiga tersebut-pun juga memiliki wewenang . Contohnya : penyelesaian pertikaian antara buruh dengan pemilik perusahaan oleh Dinas Tenaga Kerja .

2. Ajudikasi
Bentuk penyelesaian perkara atau perselisihan di pengadilan atau lembaga negara melalui peraturan perundang undangan yang berlaku . Contohnya : penyelesaian kasus sengketa tanah di pengadilan .

3. Toleransi
suatu bentuk akomodasi yang dilandasi sikap saling menghormati kepentingan satu sama lain sehingga perselisihan dapat dicegah dan tidak terjadi . Toleransi timbul karena adanya kesadaran dari diri sendiri .


4. Stalemate
suatu keadaan perselisihan yang tidak berhenti pada tingkatan tertentu . keadaan ini terjadi karena kedua belah pihak tidak dapat maju ataupun mundur  . hal ini menyebabkan masalah jadi berlarut2 tanpa adanya penyelesaian .


5. Mediasi (mediation)
sama seperti Arbitrasi , hanya saja pihak ketiga tidak mempunyai wewenang apapun dalam penyelesaian tetapi hanya sebagai penengah .

6. Koersi (Coercion)
suatu bentuk akomodasi yang dilaksanakan karena adanya paksaan  baikpun secara fisik (langsung) maupun secara psikologis (tdk langsung) . pada proses ini salah satu pihak berada di posisi yang lebih lemah .
Contoh koersi secara fisik :perbudakan, penjajahan . 
secara psikologis : tekanan negara2 donor kepada negara kreditor dlm plaksanaan pinjaman .

( hehehe lucu ya mukanya , ini ceritanya penindasan )

7. Kompromi (Compromize)
suatu penyelesaian sengketa dengan cara mengurangi tuntutan dari kedua belah pihak sehingga terjadi titik temu . 

8. Konsiliasi (Conciliation)
usaha mempertemukan keinginan dari beberapa pihak yang sedang berselisih demi tercapainya tujuan bersama . Contoh : Konsultasi antara pengusaha angkutan dinas dengan Dinas Lalu Lintas dalam penetapan tarif angkutan . 


oke selesaai :) thanks google for your cool pictures ;)

Tidak ada komentar: